3 Tips Mudah Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan dengan diet adalah opsi paling mudah yang menjadi pilihan hampir semua orang yang ingin kurus atau sekedar ingin memiliki berat badan ideal.

Padahal, ada beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan setiap hari untuk menurunkan berat badan secara signifikan.

Makan 3 kali sehari

Ini adalah peraturan pertama untuk menurunkan berat badan: makan 3 kali sehari. Sarapan adalah waktu makan paling penting yang sebisa mungkin jangan dilewatkan. Sarapan penting untuk memberikan kita energi untuk bergerak, menurunkan kemungkinan Anda makan cemilan saat coffee break, berkonsentrasi pada pekerjaan, dan untuk membuat Anda lebih bahagia

Makan siang adalah waktu makan dimana Anda bisa bebas memilih apa yang ingin Anda makan. Makan siang dapat membantu Anda untuk tetap berkonsentrasi melanjutkan kerja Anda. Saat makan siang sebaiknya hindari menjawab telepon yang berkaitan dengan pekerjan dan membaca email tentang pekerjaan hal ini akan meningkatkan level stress Anda dan menurunkan kemampuan kognitif Anda.

Melewatkan makan malam cenderung akan menambah dan bukannya menurunkan berat badan. Dengan melewatkan makan malam, kemungkinan besar Anda akan ngemil saat sebelum tidur atau ketika bangun di malam hari. Sebaiknya Anda makan malam 2 jam sebelum Anda tidur agar makanan selesai dicerna sebelum Anda beristirahat dan bukannya menumpuk menjadi lemak.

Pintar-pintar pilih makanan

Memilih asupan makanan sangat penting untuk Anda yang memiliki keinginan menurunkan berat badan. Ini disebabkan apa yang kita makan sama dengan jumlah kalori yang masuk. Energi yang kita dapatkan berasal dari pembakaran kalori. Jika kita makan berlebihan dan jauh di atas jumlah kalori yang kita butuhkan, maka makanan tersebut tidak akan terbakar dan tertinggal di dalam tubuh.

Untuk mengetahui jumlah kalori yang kita butuhkan ada 3 faktor penentu: usia, berat badan dan aktivitas. Untuk usia 18-30 tahun dengan berat badan normal dan aktivitas sehari-hari yang ringan, maka jumlah kalori yang dibutuhkan sekitar 1500 kalori. Jika Anda ingin menjaga berat badan, maka turunkan konsumsi Anda menjadi 1200-1300 kalori per hari. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka konsumsi 900-1000 kalori per hari.

Hitung-hitungan ini akan berubah seiring perubahan aktivitas Anda. Seorang atlet lari atau renang pastinya membutuhkan kalori lebih banyak daripada orang kantoran yang lebih banyak duduk. Jika Anda ingin menghitung jumlah kalori yang Anda butuhkan per harinya untuk menjaga atau menurunkan berat badan, Anda bisa mencarinya di Google.

Keep moving!

Jangan berprasangka bahwa Anda harus lari keliling kompleks untuk menurunkan berat badan. Anda cukup sering bergerak. Untuk Anda yang kerja kantoran, Anda bisa menerima telpon sambil berdiri, menggunakan tangga untuk naik turun lantai, atau sering-sering ke pantry untuk mengisi gelas air putih Anda yang kosong. Untuk Anda yang berada di rumah, Anda bisa melakukan hal yang sama: menelepon sambil berjalan dari kamar ke dapur lalu ke ruang tamu lanjut ke teras lalu balik lagi ke kamar. Ada banyak cara untuk menghilangkan kalori tanpa harus mengeluarkan keringat, intinya: tetap bergerak.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *